Semua penjual pasti ingin barang yang mereka jual laku dan mereka bisa mendapatkan keuntungan. Supaya barang yang dijual banyak peminatnya dan laku di pasaran harus ada strategi yang direncanakan dan dilakukan untuk mempromosikan barang dagangannya. Strategi yang dibuat harus menarik, kreatif, inovatif, menguntungkan bagi pembeli dan penjual.
Nah kita semua tau kalau orang Indonesia itu paling doyang sama yang namanya belanja dan tau gak kalau orang Indonesia itu salah satu orang paling konsumtif dan boros di dunia. WOW!! Nah kita bakal ngasih tau biasanya strategi apa yang dibuat oleh penjual buat “merayu” konsumennya biar pada beli produknya. Check this out!
Siapa sih yang gak doyan diskon atau gratisan? Strategi ini cukup dibilang ampuh untuk pasar Indonesia. Makanya gak heran hampir tiap saat pasti ada yang namanya Sale. Belum lagi demi ngerebutin sendal karet dengan gambar buaya, orang rela antri berjam-jam. Luaarr biasaaa!! Nah tau gak bedanya buy one get one free sama diskon 50%?? Kalau dilihat sepintas sebenarnya sama, tapi tujuannya beda. Kalau buy one get one, si penjual mengharapkan adanya barang lebih banyak yang keluar. Alias pembeli minimal beli 2 item sekaligus dibandingkan diskon 50%. Kemudian diskon biasanya diberikan kepada barang yang limited dan harganya memang mahal, sedangkan buy one get one biasanya digunakan untuk barang-barang yang secara harga lebih murah.
Tentuin suatu harga untuk beberapa jenis produk yang berbeda. Harga itu harus lebih murah daripada kalau membeli satuan. Jadi orang bisa dapat beberapa produk sekaligus tapi dengan harga yang lebih murah. Ini contoh paling gampangnya kalau kalian beli makanan di fast food. Kalau kalian beli paket komplit sama beli satuan pasti lebih murah yang paket, kenapa? Soalnya disini lebih menguntungkan bagi pihak penjual karena dia langsung menjual beberapa item sekaligus daripada menjual satu per satu. Gak cukup sampai disitu, giliran kita mau bayar pasti ada aja nawarin lainnya sampe CD lagu pun selalu ditawarin dan ternyata beberapa konsumen juga beli loh. Entah emang pengen atau bingung gara-gara mbak nya kebanyakan nawarin item. hahaha
3. Membership card
4. Promosi di social media
Bisa lewat twitter, facebook, instagram, pinterest, youtube. Promosi di sosial media ini harus konsisten dan aktif. Hari gini yaa yang namanya Facebook udah jadi lapak dagangan, gitu juga sama twitter dan Instagram. Agak ganggu sih sebenernya yaa. Padahal ada loh platform khusus buat jual beli, Cuma karena selain hobi belanja, orang Indonesia juga hobi nya ngoceh mulu di social media. Alhasil ini jadi peluang pasar buat jualan.
5. Buat poin reward
Misalnya dengan membeli barang-barang hingga total harga tertentu bisa mendapat satu poin. Nanti poin-poin yang sudah terkumpul bisa mendapat reward atau hadiah suatu produk gratis. Nah ini biasanya yang dipake sama minuman bubble tea gitu. Biasanya kalau kita beli dikasih cap gitu, terus nanti kalau cap nya udah beli kita dikasih gratis 1 gelas. Nah karena kita ngejer gratisannya itu, biasanya psikologis kita langsung bawaannya pengen beli terus sampai dapat reward nya. Duit keluar lagi deh..
6. Buat event consumer gathering
Event nya ngga usah besar-besar, yang penting di event tersebut antara penjual dan pembeli bisa lebih dekat, memperkenalkan produk-produk, memperkenalkan promosi-promosi yang ada. Nah biasanya di event ini semua poin 1-5 pada keluar semua disaat bersamaan tuh. Ati-ati kalau gak kuat iman, pulang emang bawa tentengan banyak, Cuma nanti bingung gimana cara lunasinnya.
Jadi jelas banget sebetulnya ada banyak banget cara yang dibuat supaya kita rela ngeluarin uang kita untuk beli banyak produk yang mungkin sebenarnya kita gak butuh-butuh amat. Jadi sebagai seorang konsumen, jadi konsumen yang cerdas ya Inspirator. Coba kamu baca dulu deh artikelnya soal jadi konsumen cerdas.
Daripada ngeluarin uang buat hal-hal yang mungkin kurang penting, mending Inspirator semua mulai mikirin investasi buat ke depannya deh. Kalau gak ngerti sama investasi ya minimal ditabung deh, karena kita gak akan pernah tahu ke depannya ada kebutuhan apa yang harus kita penuhi. Ingat ya kebutuhan, bukankeinginan.
Kontributor : Mario Salim
Editor : Christmastuti Destriyani
Keep Breathing, Keep Inspiring!
No comments:
Post a Comment